Berita terkini Liga inggris - Virus corona membuat neraca keuangan klub liga inggris menipis

Covid 19 atau sering kita sebut dengan virus corona, nampaknya telah menyebar luas hingga tanah eropa. Hal ini dibuktikan dengan adanya 14 ribu kasus virus yang satu ini di tanah britania raya. Bahkan perdana menteri inggris Borris Johnson dikonfirmasi telah positif terjangkit virus yang berbahaya ini.

Dalam dunia sepakbola tanah ratu elizebth ini, virus corona membuat gempar klub - klub liga inggris, dikabarkan operator liga inggris sampai - sampai mengadakan rapat menyusul berbagai keluhan dari para klub yang mengatakan bahwa virus yang satu ini telah sukses membuat neraca keuangan beberapa klub liga inggris menipis.

Dilain sisi perlu anda ketahui bahwa virus yang satu ini juga memang telah membuat perekonomian di inggris murat - marit, alhasil FA selaku federasi sepakbola inggris mengeluarkan keputusan bahwa kompetisi liga inggris musim 2019/2020 diberhentikan sementara sampai pada waktu yang belum ditentukan.

Seperti dilansir Sportskeeda, otoritas terkait pun bakal rapat demi membahas kondisi tersebut.

"Operator Liga Inggris, Divisi Championship (EFL), dan Asosiasi Pemain (PFA) akan bertemu demi membahas dampak covid-19 yang semakin serius," tulis pernyataan resmi mereka.

Virus corona telah menjadi pandemi di seluruh dunia. Di Eropa menurut data New York Times, Sabtu (28/3/2020) , Italia menjadi negara terparah dengan 86.498 kasus positif.

Dari jumlah itu, sebanyak 9.134 orang meninggal dunia. Di Britania Raya sendiri, ada 14.579 kasus dengan 759 orang meninggal lantarna virus corona itu.

Pemerintah Inggris pun telah melakukan lockdown demi menekan angka penyebaran virus. Para warga diimbau untuk berdiam diri di rumah.

Ketiga instrument penting perhelatan sepakbola di tanah britania raya yakni, liga inggris, Operator Liga Inggris, Divisi Championship (EFL), dan Asosiasi Pemain (PFA) menegaskan akan membuat suatu keputusan terbaik meskipun sulit. Mengingat dampak ekonomi akbiat penghentian kompetisi yang difktori oleh virus corona sangat luar biasa efeknya, oleh karena itu pertemuan yang diselenggarakan akan fokus membahas mengenai solusi agar dampak ekonomi yang terjadi tidak semakin parah.

Nampaknya para klub - klub liga inggris bisa mencontoh dua klub lainnya pada liga yang berbeda di tanah yang berbeda. Kedua klub ini yakbi barcelona dan borusia dortmund. Dua klub besar di kompetisi liga sepakbolanya masing - masing ini telah melakukan suatu kebijakan dengan memotong gaji para pemainnya agar neraca klub masih tetap seimbang. Diluar daripada itu gaji yang dipotong akan didistribusikan juga pada para tenaga medis yang sedang berjuang melawan virus corona yang ada.

Untuk musim 2019/2020 ini FA selaku federasi sepakbola inggris belum memberikan keputusan final yang sifatnya teknis, namun bisa kita tark kesimpulan bahwa nantinya liga inggris akan ditentukan oleh dua keputusan. Yang pertama kompetisi masih tetap akan dilanjutkan namun dengan tanpa adanya penonton dan juga tanpa adanya waktu yang pasti untuk diselenggarakan, dan yang kedua kompetisi liga inggris musim 2019/2020 akan diberhentikan.

Akan tetapi mengingat kompetisi musim 2019/2020 liga inggris tahun ini hanya tinggal menyisakan beberapa pertandingan lagi kemungkinan besar akan tetap diselenggarakan pasca virus corona dinyatakan selesai di tanah britania raya. Untuk kapan waktu diselenggarakannya mungkin kita bisa menunggu keputusan berikutnya dari FA.